Lappet : Makanan Khas Yang Nikmat

0.0

Makanan Tradisional Khas Sidikalang Bercita Rasa Manis

Lappet atau yang dikenal juga dengan nama awug ini merupakan makanan tradisional Sidikalang–Dairi. Makanan tradisional satu ini berbentuk kerucut dengan cita rasa yang Manis.

 

 

 

 

 

 

Kalau melakukan perjalanan wisata ke suatu tempat, biasanya kegiatan apa saja yang akan Anda masukan ke itinerary? Apakah Anda lebih menyukai berjelajah menikmati spot-spot unik, atau Anda lebih suka menghabiskan daftar itinerary dengan kulineran?

Tidak ada yang salah jika Anda memasukan ‘kulineran’ ke dalam daftar itinerary Anda. Bahkan, berburu kuliner saat berlibur ke suatu tempat semacam kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan, terlebih lagi berburu kuliner lokal.

Kenapa harus berburu kuliner lokal saat berlibur? Seperti yang kita tahu, setiap daerah pasti memiliki kuliner khasnya masing-masing. Dengan mencicipi kuliner lokal dari daerah yang kita kunjungi kita jadi lebih mengenal  cita rasa khas dari setiap daerah tersebut.

Sebab, meskipun makanannya sama, belum tentu cita rasa makanan yang dihasilkan dari setiap daerah yang dikunjungi tersebut juga sama. Misal, kita mencicipi pelleng di Jawa, belum tentu cita rasa Pelleng di Jawa sama dengan cita rasa pelleng di Sumatara Utara.

Oleh karena itu, bagi para pecandu kuliner, wajib hukumnya mencicipi kuliner lokal saat melakukan perjalanan wisata ke suatu tempat.

Nah, salah satu kuliner lokal yang patut untuk Anda coba kenikmatannya yaitu lappet  atau lapet atau dikenal juga dengan nama Awug. Kuliner satu ini merupakan makanan tradisional khas Sumatera Utara, khususnya daerah Sidikalang, Dairi.

Lappet; Makanan Tradisional Khas Sidikalang dengan Cita Rasa yang Gurih

Lappet atau yang dikenal juga dengan nama Awug ini merupakan salah satu kuliner tradisional khas Sidikalang, Dairi, Sumatera Utara. Makanan berbentuk kerucut atau limas ini memiliki cita rasa yang gurih.

Makanan tradisional ini bisa Anda jumpai di pasar kawasan Dairi, khususnya daerah Sidikalang. Harganya pun sangat terjangkau. Namun, seiring berkembangnya zaman, makanan ini sekarang cukup sulit ditemukan.

Lappet sendiri berbahan utama tepung beras, gula dan kelapa yang kemudian dibungkus oleh daun pisang. Untuk proses pembuatannya pun cukup mudah.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mencoba mencicipi kuliner tradisional ini namun Anda tidak menemukannya di pasar, Anda bisa mencoba membuat sendiri makanan tradisional khas Sidikalang ini di rumah

Bahan utama yang perlu disediakan sudah disebutkan diatas, yaitu tepung beras, parutan kelapa dan parutan gula (bisa gula aren atau gula merah),  air secukupnya, serta daun pisang. Semuanya (selain daun pisang) dicampur jadi satu hingga membentuk adonan.

Setelah adonan merata, bungkus adonan tersebut menggunakan daun pisang dan bentuk adonan tersebut menyerupai kerucut atau limas. Setelah itu, kukus hingga matang. Jika sudah matang, lappet siap disajikan.

Nah, jika Anda sedang berada di kawasan Dairi, khususnya Sidikalang, jangan lupa untuk mencicipi makanan tradisional yang satu ini ya. Selamat berburu kuliner tradisional!

Ulasan

Belum ada ulasan.

Cara Pesan